SOAL
LATIHAN BAHASA INDONESIA
1.Seorang
wartawan sedang mewawancarai seorang
tokoh masyarakat penerima kalpataru.Wartawan tersebut ingin mengetahui
langkah-langkah yang ia lakukan sehingga ia berhasil melestarikan penyu-penyu
di lingkungan desanya.
Pertanyaan
wartawan yang paling tepat berdasarkan paragraph tersebut di atas adalah …..
a.Siapakah
nama Bapak ?
Berapa putra Bapak yang membantu
mengembangkan usaha ini ?
Apa mata pencaharian Bapak selain melestarikan penyu-penyu
tersebut
b.Bagaimana
cara Bapak melestarikan penyu-penyu yang
berada di sepanjang pantai desa ini ?
Apa yang Bapak lakukan terhadap telur-telur
penyu itu ?
Bagaimana cara bapak memelihara telur-telur
penyu itu hingga menetas ?
Apa tindakan Bapak selanjutnya setelah
telur-telur penyu itu menetas ?
c.Sejak
kapan Bapak membudidayakan penyu di desa ini ?
Di mana Bapak memasarkan hasil budi daya
penyu ini ?
Siapa saja yang membantu Bapak dalam usaha
pembudidayaan peny-penyu ini ?
Senangkah Bapak memelihara telur-telur
penyu ini ?
d.Berapa
keuntungan yang Bapak peroleh dari usaha pembudidayaan penyu-penyu itu ?
Apa keuntungan yang dapat dirasaakan 0leh
keluarga Bapak ?
Sampai kapan Bapak akan membudidayakan
penyu-penyu ini ?
Bagaimana perasaan Bapak ketika telur-telur
itu menetas ?
2.Salma : “Sejak kapan Bapak bertugas sebagai
pengamat Gunung Marapi?”
Petugas
: “Sejak saya selesai menempuh pendidikan S2 tahun 1992.”
Salma
:”Bagaimanakah masyarakat sekitar Merapi menyikapi keadaan Merapi yang
terlihat semakin aktif?”
Petugas
:”Mereka lebih cenderung mempercayai isyarat alam daripada pendapat para
ahli.”
Salma : “……………………… “.
Petugas
:”Sebagai petugas , saya wajib memberikan informasi berdasarkan hasil pengamatan Derektorat Volkanologi.”
Pertanyaan
yang tepat untuk melengkapi wawancara tersebut adalah ….
a.
Apakah Bapak puas terhadap
kepercayaan mereka tentang Merapi ?
b.
Mengapa penduduk sekitar Merapi
lebih percaya kepada isyarat alam ?
c.
Bagaimana hasil pengamatan Bapak
terhadap aktifnya Merapi?
d.
Langkah apa yang Bapak tempuh untuk
mengatasi kepercayaan mereka ?
3.Seorang
siswa sedang mewawancarai Ketua RT tentang kebersihan lingkungannya.
Kalimat yng
tepat untuk mewawancarai Ketua RT adalah …
a.Apakah Bapak sudah lama menjadi Ketu RT di
sini ?
b.Bagaimana
cara Bapak membina para warga untuk menjaga kebersihan ?
c.Apakah
Bapak sudah akrab dengan warga di lingkungan Bapak ?
d.Sudah
berapa lama Bapak tinggal di daerah ini ?
4.Eki : “Halo, bisa bicara dengan Pak
Halim.”
Pak Halim : “Iya betul. Ini siapa?”
Eki : “Selamat sore, Pak. Ini Eki.”
Pak Halim
: “Ada keperluan apa, Ek?”
Eki : “Maaf Pak. Sore ini saya
tidakdapat mengikuti latihan PMR karena harus menjaga Ayah di rumah sakit.”
Pak Halim
: …..
Kalimat
pertanyaan yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah ….
a.
Di mana letak rumah sakit itu ?
b.
Berapa lama kamu tidak masuk
sekolah, Ek?
c.
Ayahmu sakit apa, Ek ?
d.
Apakah kamu sudah minta izin, Pak
Dokter ?
5.Fungsi laporan
yang tepat berikut ini adalah …
a.memberikan
informasi kepada penanggung jawab acara.
b.memberitahukan
atau menjelaskan pertanggungjawaban tugas dan kegiatan.
c.sebagai bahan
pembicaraan pada rapat panitia.
d.memberikan
gambaran nyata tentang acara yang akan dilaksanakan .
6.Suatu cara
komunikasi dari penulis untuk menyampaikan hal-hal penting kepada seseorang
atau suatu badan hukum sehubungan dengan tugas yang dibebankan kepadanya disebut …
a.wawancara
c.laporan
b.berita
d.rekaman
7.salah satu cara
yang tepat untuk mendapatkan bahan berita adalah dengan melakukan….
a.wawancara c.intimidasi
b.diplomasi d.konfirmasi
8.Berikut ini
adalah langkah-langkah untuk wawancara, kecuali ….
a.menyusun masalah
yang hendak ditanyakan .
b.memilih orang yang mampu memberikan informasi yang
diperlukan
c.meminta uang
transport dan hidangan secukupnya .
d.meminta
konfirmasi atas catatan yang telah dibuat pada akhir wawancara .
9.Kalimat-kalimat di bawah ini yang termasuk
jenis laporan adalah ….
a.Pisang emas bawa
berlayar
masak sebiji di atas peti
b.Dari catatan
petugas diperoleh informasi ada 3 jenis tanaman yaitu, 25 pohon jati,25 pohon
mahoni,dan 30 pohon sengon
c.”Kamu mampu tertawa
sementara ketiga sahabatmu menangis duka. Di mana perasaanmu, Inu ?”
d.Fani dan Gina
tertegun sejenak mendengar kata-kata
Hana
10.Pembaca dibawa
untuk membayangkan indahnya,harumnya ,enaknya ,lucunya ,kotornya atau lezatnya
sesuatu
Penyataan tersebut
adalah cirri karangan …..
a.narasi c.eksposisi
b.deskripsi
d.argumentasi
11.Rombongan karya
wisata SMP Negeri I Tulungagung, berkunjung ke pabrik kertas di Desa Pladakan Tulungagung.
Laporan perjalanan
yang tepat adalah …
a.Kami berkumpul di
sekolah pukul 07.30 WIB. Rombongan kami berangkat tepat pukul 08.00 WIB dengan
naik bus.
b.Kunjungan kami ke
pabrik kertas sangat menyenangkan . Kami mengamati proses pembuatan kertas.
Bahan-bahan kertas dicuci ,dimasukkan dalam mesin penghancur, kertas yang sudah
jadi dikemas dalam kotak-kotak.
c.Pabrik pembuatan
kertas terletak di Desa plandakan Tulungagung. Pabrik ini terletak di tepi
sungai Ngrowo.
d.Kertas merupakan
kebutuhan masyarakat di era modern ini .
12. Pantai
Plengkung dapat dicapai dengan dua cara perjalanan, yaitu melalui darat dan
laut. Pantai ini memiliki gelombang yang besar dan indah sehingga sangat
disukai para peselancar.Patai ini seakanmenjadi surge dunia bagi peselancar
karena ombaknya yang besar dengan ketinggian 2 – 6 m dan panjang gelombang 2 km
yang susul menyusul sejauh tujuh gelombang. Dalam interval 5 menit mampu
menciptakan pemandangan yang indah.
Penyajian paragraph
tersebut diatas dengan menggunakan ……
a.menerangkan
urutan kegiatan c.menerangkan
urutan tempat
b.menerangkan
urutan waktu d.menerangkan
urutan peristiwa
13.Bangun tidur
kuterus mandi . Tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong
Ibu,membersihkan tempat tidurku.
Kalimat tersebut di
atas cara menceritakan dengan menggunakan ……..
a.urutan waktu c.urutan
tempat
b.urutan peristiwa d.urutan
kronologi
14.Unsur unsure
pementasan drama yang biasanya ditanggapi oleh masyarakat adalah…
a.Karakter
tokoh c.alur
cerita
b.tema d.pengarang
15.Rori :”Sudah kubilang tak ada seorang pun
yang boleh meminjam novel ini!”
Glori :”Aku hanya meminjamnya sehari saja. Kau
juga sering meminjam novelku kan?
Rori :”Ya, tapi novelku tak sebagus dan
semahal novelku ini!”
Glori :”Tolonglah, Ri.Pinjam sehari saja. Aku
mendapat tugas sekolah untuk membaca novel itu.”
Rori :”Tidak bisa.”
Karakter
tokoh Rori pada dialog drama di atas adalah …
a.sabar c.tidak mau mengalah
b.pelit
d.ramah
16.Dalam
memerankan drama radio, unsur terpenting yang harus diperhatikan dan
benar-benar dihayati adalah …
a.unsur
instrinsik dan unsur ekstrinsik c.ejaan ,lingkungan social
,sudut pandang
b.cara
penceritaan, lafal,tempo,nada, dinamik.
d.lafal,gesture,kustum,mimic
17
1.Srini :”Ngali ! Kau akan ….”
2. A.Ngali :”Jangan turut campur!”
3.Wiropati :”Sabarlah,Rin,Adikku. Duduklah baik-baik.
Kita selesaikan perkara ini dengan damai .” (Srini duduk kembali )
4.A.Ngali :”Ro, mengapa kamu kemari ? Perusak rumah
tangga !”
5.Wiropati :( tenang, dan tersenyum )
6.A.Ngali :”He, Wiro! Jika kau nanti masih ingin
melihat cahaaaaaaaaya bulan purnama, lebih baik kau pergi sini. Lekas ! Jika
tidak, dengan senjata ini ku usir nyawamu dari tubuhmu!” (mengacungkan
kerisnya )
7.Wiropati :( tertawa, mulai lunak hingga keras )
8.A.Ngali : (merengutkan muka )
9.Wiropati :”Kau akan menggunakan senjatamu… hendak
membunuh aku ?” (tertawa)
“Silakan dengan hormat, Tuan Abdul
Ngali!”
Watak
tokoh Wiropati dalam penggalan drama tersebut pemberani. Bukti yang menjelaskan
watak tokoh tersebut terdapat pada dialog nomor ….
a.3 c.7
b.5 d.9
18
6.(Bapak dan Ibu Mohtar pulang dari kantor. Dani menyambut ayah dan ibunya
dengan riang)
Dani :( Duduk di depan ayahnya
yang sedang melepas sepatu ) “Ayah, Kak Yanti pergi dengan teman laki-laki. Katanya ada
acara penting.”
Pak
Mohtar :”Acara apa Dan? Kalau
belajar kelompok , tidak mungkin. Ayah tahu benar jadwal belajar kelompoknya .”
Bu
Mohtar : ( Dduk di sebelah Pak
mohtar sambil membelai rambut dani )
“sewaktu berangkat, Kakak membawa apa?”
Dani :”Sewaktu berangkat
Kakak membawa sekardus pakaian bekas, Bu.”
Pak
Mohtar :”Baiklah, nanti ayah
yang akan menanyakan kepada kakakmu. Sekarang mandilah!”
Latar
penggalan drama tersebut adalah …..
a.pagi
hari di kantor c.Siang hari di rumah
b.sore
hari di rumah
d.malam hari di halaman
19.Kriiingng…….
Guru :”Halo, selamat pagi!”
Siswa :”………………………………”
Guru :”Ya, saya sendiri . Ada apa?”
Siswa :”Saya Soraya, kelas 8D. Karena ayah
dan ibu sakit, hari ini saya tidak masuk sekolah.”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah …
a.Halo,
siapa di situ?Saya ingin bicara dengan Pak Surya.
b.Selamat
pagi, Pak. Bisakah saya berbicara dengan Pak Surya?
c.Halo….
kalau tidak keberatan saya ingi berbicara dengan Pak Surya.
d.
Selamat pagi, apakah anda Pak Surya ? Saya ingin bicara dengannya .
20.Berikut
ini adalah hal-hal yang mendukung dalam pementasa sebuah drama, kecuali …..
a.tema,tokoh,dialog
c.tata lampu,kustum,soud sistem
b.back
ground,panggung,sound efek d.pengarang, sutradara,
casting
21.Di
tempat seperti itulah Budi terpaksa bersandara pada tembok depa. Hatinya tambah
bingung, menunggu hujan reda atau bergegas pulang. Mau menunggu , hari makin
gelap dan takut makin menyiksa. Kalau bergegas pulang, tentu basah kuyup dan
demamnya mungkin timbul lagi. Ibu pun akan marah karena ia bermain terlalu jauh
sehingga kehujanan seperti itu
Isi
paragraph wacana tersebut adalah ….
a.perasaan
yang tidak menyenangkan
b.hujan
belum juga reda
c.kebingungan
yang disebabkan perasaan serba salah
d.ibu
marah karena budi bermain terlalu jauh
22.Seorang
pemeran drama harus pandai berimprovisasi .
Yang
dimaksut improvisasi diatas adalah ….
a.teknik-teknik
dalam mengekspresikan perannya
b.mampu
menyesuaikan pelafalan dan intonasi sesuai dengan logat bahasa tertentu
c.pengucapan
dialog secara apa adanya atau wajar dengan tanpa persiapan terlebih dahulu
d.mengevaluasi
pemeranan tokoh dalam drama
23.Jepang
memanfaatkan bahan bakar nuklir untuk mengatasi krisis energy yang terjadi di
negaranya. Hal ini mendapat protes keras darikelompok pecinta lingkungan
dunia,bukan hanya Green Peace saja. Mereka beranggapan bahan bakar nuklir dapat
mencemari dan merusak lingkungan.
Makna
tersirat dari bacaan di atas adalah ….
a.Jepang
memanfaatkan bahan bakar nuklir.
b.
Di Jepang sedang terjadi krisis energy.
c.Kelompok
pecinta lingkungan memprotes tindakan Jepang.
d.
Bahan bakar nuklir mencemari dan merusak lingkungan .
24.Musim
kemarau yang panjang dan kering tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami.
Sungai
yang berada di tengah desa kering kerontang. Bahkan, sumurpun banyak yang tidak
berair lagi. Sawah dan lading seperti hangus oleh panas terik matahari. Tanah
pecah berbongkah-bongkah. Tanaman hamper tiada yang tampak hijau. Rumput kering
kecoklat-coklatan terhampar mati.
Gagasan
pokok paragraph tersebut adalah …..
a.musim
kemarau sawah dan ladang menjadi kering .
b.kemarau
panjang merupakan becana.
c.sungai,sawah,
dan sumur sudah tidak berair lagi
d.tanah
pecah berbongkah-bongkah dan tanaman banyak yang kering.
25.Pentas
kelompok pemusik Sheila on 7 di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (10/7),diwarnai
insiden. Ribuan penonton tanpa tiket masuk menjelang pentas berakhir membuat
onar dan melemparkan berbagai macam benda keras ke atas panggung. Mereka
beralasan bahwa harga tiket terlalu mahal.
Kesimpulan
yang tepat adalah ……
a.Pentas
kelompok pemusik Sheila on 7 di Solo gagal karena terjadi keributan pengunjung
yang tidak dapat masuk.
b.Pentas
kelompok pemusdik Sheila on 7 di Stadion Sriwedari Solo diwarnai peristiwa yang
menimbulkan banyak kerugian.
c.Pentas
kelompok pemusik Sheila on 7 di Solo sempat kacau akibat pelampiasan kekecewaan
pengunjung.
d.
Walau terjadi peristiwa yang sempat mem buat kacau, pentas kelompok pemusik
Sheila on7 cukup menggembirakan.
26.Setibanya
di rumah, udara terasa semakin dingin. Ketika Pak Fritz hendak membuka pintu,
terdengar suara kecil dari belakang. “Tolong saya, Tuan. Saya tidak punya makanan
untuk makan malam ini ,” Ujar suara itu memelas. Ternyata, pemilik suara itu
adalah seorang anak lelaki berusia sekitar 14 tahun. Bajunya kumal dengan
wajah mengundang iba.
“
Aku tidak punya makanan . Apalagi uang. Tapi, kalau kau mau bunga ini, ambillah,” ujar Pak Fritz.
Di
mana Pak Fritz bertemu dengan anak lelaki berusia 14 tahun yang berbaju kumal ?
a.di
rumah sakit c.di
rumah adaik perempuannya
b.di
depan rumahnya d.di dalam taksi
27.Apakah
yang diminta anak lelaki itu kepada Pak Fritz ?
a.uang c.baju
b.makanan d.seikat bunga
28.Apakah
yang diberikan Pak Fritz kepada anak lelaki itu ?
a.makanan c.uang
b.baju d.seikat bunga
29.Karakter
Pak Fritz adalah …..
a.Acuh
tak acuh antar sesama c.Bertanggung
jawab
b.Rasa
belas kasihan antar sesama d.Pemarah
30.Warna
bajunya kebiru-biruan serasi dengan kerudungnya.
Makna perulangan kata kebiru-biruan dalam
kalimat tersebut adalah …
a.sangat c.agak
b.amat d.meskipun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar